5 Benda Wajib Ada Saat Jalan-Jalan


Saya ini memiliki hobi yang mungkin juga sama dengan sebagian teman-teman semua, yakni jalan-jalan atau bahasa kerennya traveling. Entah apa yang melatarbelakangi saya begitu menyukai hobi yang satu ini. Yang jelas pikiran akan terasa lebih fresh kalau saya rutin jalan-jalan atau traveling dalam kurun waktu satu atau dua bulan. 


Meskipun bukan traveling ke tempat-tempat yang 'wah' atau sampai keluar negeri apalagi sampai keluar Planet, tapi setidaknya saya sedikit banyak mengetahui tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di sekitar tempat tinggal saya. 

Saya terbiasa jalan-jalan bersama anak dan istri menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat yang gak terlalu jauh dari rumah. Biasanya sih ke tempat kuliner maupun tempat hiburan atau tempat wisata di sekitaran kota Jakarta saja.


Masing-masing dari kami memiliki benda wajib yang harus selalu dibawa ketika jalan-jalan. Namun yang jelas bukan cuma sebatas Handphone, dompet atau kamera saja loh. Itu sih sudah biasa. Justru benda-benda wajib ini terbilang sangat anti mainstream. Begitu menurut pendapat sederhana saya. Masih penasaran?? Yuk kita lihat saja benda wajib tersebut.





Benda wajib anak saya 


Beliau gak mau ketinggalan mainan favoritnya, yakni mobil-mobilan polisi di film-nya Cars. Entah itu cuma jalan ke sekitar rumah maupun saat bermain. Apalagi kalau mau jalan-jalan, sudah pasti mainannya akan dipegang terus sama beliau biar gak ketinggalan. Masalahnya kalau sampai kelupaan, beliau langsung ngambek gak karu-karuan. Satu lagi sama botol minuman, gak boleh ketinggalan. Biar kami semua gak kehausan ketika bepergian.

Manfaat membawa mainan favorit Nabil saat jalan-jalan :
  • Nabil jadi gak rewel sewaktu jalan-jalan, karena asyik sama mainan mobil-mobilannya.
  • Nabil bertambah anteng dan nurut.
  • Supaya gak tertarik membeli mainan lainnya sewaktu jalan-jalan, khan udah ada mainan mobil-mobilan favoritnya.
Manfaat membawa botol minuman sendiri saat jalan-jalan :
  • Gak takut kehausan di jalan, karena stock air minum banyak, soalnya Nabil suka banget minum.
  • Jalan-jalan jadi lebih konsen karena banyak minum, jadi gak tulalit kayak iklan di TV.
  • Gak perlu repot-repot membeli minuman lagi saat jalan-jalan.
  • Mengurangi tingkat dehidrasi, karena bisa minum kapan aja.


Benda wajib Istri saya

Benda yang wajib ada berikutnya saat kami jalan-jalan adalah Mukenah. Istri saya selalu menyimpannya di dalam tas untuk dibawa ketika jalan-jalan, apalagi saat perjalanan jarak jauh seperti mudik. Meskipun di Masjid atau Musholla sudah disediakan Mukenah, namun saya rasa lebih praktis bila kami selalu membawanya di tas. 

Pernah suatu hari, istri saya kelupaan membawa Mukenah, lalu saat kami di perjalanan hendak sholat di suatu Masjid, stock Mukenah kosong, karena lagi pada dipakai semua. Mau gak mau ya istri saya pun harus bergantian sama yang lainnya. Mulai saat itu status membawa Mukenah berubah dari sunnah menjadi wajib ketika bepergian, hehehe...

Manfaat membawa mukenah sendiri saat jalan-jalan :
  • Gak perlu ngantri mukenah dengan jamaah lainnya ketika sholat di Masjid.
  • Gak khawatir lagi ketika waktu masuk sholat saat bepergian, mukenah selalu siap.
  • Saat sholat di masjid jadi lebih khusyu', karena memakai mukenah sendiri, gak merasa ditunggu jamaah lain yang gak bawa mukenah.
  • Mau numpang sholat (rumah temen, saudara, tempat wisata atau di mana aja tenang), karena bawa mukenah sendiri.



Benda wajib saya

Benda wajib saya sangatlah sederhana, namun memberikan nilai manfaat tinggi buat saya sewaktu bepergian. Disaat orang lain memiliki benda-benda wajib yang terbilang wah, semisal, laptop, tripod, gadget game, kipas tangan, boneka dan lain sebagainya, tapi tidak demikian bagi saya.

Berhubung kami sering jalan-jalan dengan menggunakan motor, muka saya sering ketumpuk sama debu-debu jalanan yang bikin lusuh, jadinya gak mirip sama Aliando lagi deh, hehehe...

Cukup hanya dengan membawa tisu dan sapu tangan/selampe ketika jalan-jalan, saya pun merasa 'perfect'. Loh bukannya tisu dan selampe hampir sama fungsinya buat ngelap muka?! Iya sih, selampe khusus buat ngelap muka, tapi kalau tisu, selain untuk ngelap muka, bisa juga untuk mengelap yang lainnya (ingus atau noda ringan di baju) dan juga selalu saya manfaatin untuk beristinja (bersuci dari hadas) ketika sehabis buang air kecil atau bahasa kerennya 'kencing'. Karena keseringan kencing (beser) sudah menjadi kebiasaan saya. 

Menurut saya, istinja tanpa menggunakan tisu setelah kencing, diibaratkan makan Pizza gak pake ayam goreng, kayak hambar gitu deh. Akan terasa kurang afdol kalau cuma pakai air, takut masih ada sisa air kencing yang menetes ke celana panjang saya, secara itu celana panjang saya pakai untuk sholat juga ketika pergi jalan-jalan. Makanya saya selalu sedia tisu ketika jalan-jalan. Karena gak semua toilet umum menyediakan tisu toh. Ketika habis kencing gak ada tisunya, disitu kadang saya merasa sedih.

Memang kedengarannya agak konyol ya, bawa tisu kok buat ngelap bekas kencing. Gak apa-apa lah namanya juga saya. Da saya mah apa atuh!!.

Manfaat membawa selampe saat jalan-jalan:

  • Untuk menghilangkan debu-debu durjana yang menempel di muka.
  • Untuk mengeringkan muka sesaat sehabis cuci muka.
  • Untuk mengelap butiran-butiran keringat yang menempel di muka.


Manfaat membawa tisu saat jalan-jalan:

  • Memudahkan membersihkan sisa air kencing.
  • Buat ngelap mulut dari sisa makanan.
  • Buat ngelap tangan yang ketumpahan makanan.
  • Buat ngelap kaki kalau-kalau terkena tanah atau lumpur ketika jalan-jalan.
  • Ngelap ingus kalau lagi kena flu.

Benda-benda di atas haruslah selalu kami bawa saat jalan-jalan.

Nah itulah benda-benda wajib bagi kami yang harus selalu ada saat pergi jalan-jalan. Bagaimana dengan teman-teman semua? Punya benda-benda wajib ketika bepergian gak? Sharing yuk di kotak komentar.

Happy blogging...

10 comments

Kalau saya seringnya jalan-jalan kuliner sih jadi cukup bawanya ringkas cuma dompet sama gadget buat foto dan motor

Reply

Kalau dompet dan gadget sudah pasti dong, cuma benda-benda di atas dapat disejajarkan sama pentingnya sama dompet dan gadget. Ok trims Mas Dwi

Reply

tisu emg wajib bgt deh mas... Ga afdol kalo ga bawa tisu pas lg kluar... aku sendiri lbh suka tisu basah, supaya beneran ngerasa bersih gitu.. apalagi kalo kita lg liburan ke negara yg biasanya wc nya ga pake bidet.. Wahh.... abis puppy ato kencing disuruh bersihin pake tisu kering tok? Ga bisa aku mas :D.. Makanya aku selalu bawa tisu basah ;p

Reply

Iya mba Fanny, tisu meskipun keliatan sepele, tapi banyak manfaatnya.. Trims sudah mampir,

Reply

Kalo saya sih simple ajah, sesuaikan hendak kemana, kalo ke kamar mandi cukup handuk ajah, kalo ke sekolah ya buku pelajaran, kalo ke toko ya bawa pity yang banyak hehe

Reply

Wah luar biasa Bang Abu nih, emang sudah seharusnya begono ntu mah... :)

Reply

Detail banget ya bawaan yang dibawa mulai dari anak, istri dan mas sendiri.
Salut ama konsistensinya menjaga pakaian dari najis :-)
Salam kenal dari Keluarga Biru di Malang.

Reply

Salam kenal juga dari saya. Memang saya merasa kurang afdol kalo kencing gak pake air+tisu, sesuai dengan anjuran Rosululloh, jangan sampe ada sisa air kencing biar sholatnya sah.
Iya Mas Ihwan, biar komplit reviewnya, jadinya masing-masing saya jabarin...
Makasih sudah mampir

Reply

Wah, iya. Benda-benda yang disebut memang penting juga buat dibawa kemana-mana :)

Reply

Penting di mata saya mba, hehehe... Yang penting bermanfaat...

Reply

Post a Comment