Siapakah Anonymous?


para anonymous berdemo
picture : yfile[dot]news[dot]yorku[dot]ca
Sebagian besar bagi para blogger, mungkin sudah sering mendengar istilah Anonymous. Anonymous dalam bahasa Indonesia berarti tanpa nama. Mereka tidak mempunyai identitas apapun di jagat dunia maya. Kalau di dalam dunia nyata, mereka itu ibarat seorang penduduk yang tak mempunyai kartu identitas alias KTP.

Melalui artikel ini, saya mau membahas tuntas mengenai asal usul Anonymous dan apakah ada hubungannya dengan film V For Vendetta dan peristiwa Gun Powder Plot??. Jadi jangan kemana-mana, tetap di Blog Mas Hendra.

Siapa itu Anonymous?

Anonymous adalah kelompok aktivis hacker atau dapat juga dikatakan hacktivis. Identitas diri mereka benar-benar terjaga dengan sangat baik. Penampilan mereka mudah dikenali karena memiliki ciri khas tersendiri, melalui pakaian dan topengnya.

Kapan Anonymous lahir?

Anonymous mulai dibentuk pada tahun 2003. Anonymous terdiri dari sekumpulan individual yang tergabung dalam grup besar yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama, seperti anti paham scientology (sebuah kepercayaan kristen yang didirikan oleh L. Ron Hubbard pada tahun 1952), korupsi, Homophobia (suatu respon negatif terhadap kaum gay atau lesbian, dengan rasa takut, kebencian dan amarah) dan lain sebagainya.

Rasa ketidakpuasan terhadap suatu keputusan dari pemerintah yang dinilainya merupakan sebuah tindakan sewenang-wenangan terhadap kebebasan di tengah-tengah masyarakat, semisal mereka menentang sensor internet dan pengawasan online oleh pemerintah, membuat mereka seringkali menyerbu website pemerintah sebagai bentuk protesnya.

Sepak terjang Anonymous

Sejak tahun 2008, Anonymous serius dalam melakukan upaya hacking untuk misi tertentu. Sehingga mereka pun sering dijuluki Robin Hood digital. Dan juga dikenal memperjuangkan kebebasan akses internet dan informasi.

Pada tahun 2009, Anonymous melancarkan serangan untuk melawan organisasi International Federation of the Photographic Industry (IFPI), setelah Pirate Bay terbukti bersalah atas kasus hak cipta.

Pada tahun 2012, majalah Time memasukkan nama mereka sebagai salah satu kelompok paling berpengaruh di dunia. Hal ini dikarenakan aksi hack mereka semakin liar dan menyerang beberapa website yang dianggap penting.

Semboyan Anonymous

Para Anonymous pun memiliki sebuah semboyan :

we are Anonymous

we are legion

we do not forgive

we do not forget


expect us




popularresistance[dot]org

Ciri khas penampilan Anonymous

Ciri khas penampilan yang paling mencolok adalah dengan berpakaian tuxedo rapih berwarna hitam, wajah mereka pun ditutupi dengan menggunakan topeng dengan desain senyum ceria, memiliki janggut dan kumis serta dengan pipi berwarna merah pada topengnya, layaknya seorang yang pemalu.

Topeng yang dikenakan Anonymous bernama Guy Fawkes atau nama lainnya V For Vendetta.

Hubungan Anonymous dengan Guy Fawkes dan film V For Vendetta

gambar tokoh v for vendetta
picture : yahbh[dot]wordpress[dot]com

Guy Fawkes adalah seorang tokoh peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Aksi tersebut dilakukan bersama para anggotanya dengan tujuan ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan para anggotanya berhasil digagalkan. Guy Fawkes pun dihukum mati akibat perbuatannya.


Peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 November 1605 ini disebut dengan "Peristiwa Bubuk Mesiu" atau "Gun Powder Plot". Setiap tanggal 5 November, masyarakat Inggris menggelar perayaan kembang api guna mengenang peristiwa bersejarah tersebut.

Kisah nyata ini pun sudah diangkat ke layar sempit, eh.... layar lebar dengan judul V FOR VENDETTA. Sebuah film yang menceritakan tentang perjuangan seorang tokoh yang bernama/inisial V dalam menentang pemerintahan Inggris yang dikuasai oleh rezim yang sangat otoriter. Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah pernah menontonnya. Padahal saya sendiri belum pernah melihat film ini, hehehe...

Dalam setiap aksinya, tokoh dengan inisial "V" dalam film V For Vendetta selalu mengenakan topeng wajah ceria dan berjubah hitam ala Guy Fawkes.

Karena sama-sama memiliki satu misi dan visi, yakni penentangan terhadap sistem pemerintahan yang mengekang kebebasan masyarakat, maka para Anonymous selalu mengenakan topeng Guy Fawkes sebagai ciri khas mereka.

Jadi sedikit dapat diambil kesimpulan bahwa ala berpakaian Guy Fawkes merupakan trendsetter bagi para Anonymous tersebut.

Perlukah blog dilindungi dari Anonymous?

Semua tergantung dari diri pribadi Anda sendiri. Karena siapapun dapat berkomentar sebagai Anonymous pada blog Anda.

Saya pun pernah beberapa kali menerima komentar-komentar yang isinya benar-benar tidak relevan atau OOT (Out Of Topic), keluar dari permasalahan artikel yang sedang dibahas, komentar yang berisi celaan maupun cemoohan. 

Bahkan lebih parahnya lagi, seorang Anonymous pun dapat mengirimkan komentar yang berisi :

SPAM (pesan yang dikirimkan secara bertubi-tubi melalui perangkat elektronik)

virus (sebuah program yang dapat menyalin dirinya sendiri ke dalam program atau dokumen lainnya)

malware (perangkat lunak yang dibuat untuk menyusup atau merusak sistem komputer)

Semua kiriman tersebut jelas dapat membahayakan eksistensi komputer maupun masa depan blog Anda. Ciaaat Desiiig!!

Cara menon-aktifkan komentar dari Anonymous

Bagi Anda yang ingin menghindari komentar dari Anonymous yang sekiranya mengganggu maupun mengusik Anda, sebaiknya ikuti langkah berikut :

 
1. Log in ke akun Blogger Anda di sini

2. Pilih Setting/pengaturan

3. Pilih Post and Comment

4. Hindari untuk memilih Anyone (termasuk komentar tanpa nama dari para Anonymous), Anda cukup klik di Registered User. Lihat gambar berikut :

screenshot kolom komentar

5. Jika sudah sekarang klik save atau simpan

Nah sekarang Anda tak perlu khawatir lagi terhadap komentar yang datangnya dari para Anonymous tersebut.



Semoga bermanfaat...

2 comments

Wah iya tuh, kalo lagi ada satu kasus dan Anonymous ngejar, pasti selalu seru dan keren.

Reply

Iya mba Dwi, selalu seru untuk disimak, hehehe... Makasih udah mampir

Reply

Post a Comment