Cara Mudah Mengatasi SMS Penipuan

blog mas hendra

Suatu hari saya menerima pesan singkat (isi pesan tersebut bisa Anda baca DISINI). Dan jumlah pesannya tidak cuma satu, namun ada beberapa dengan berbagai modus. Diantara isi pesannya adalah berupa sebuah pengumuman bahwa nama saya keluar sebagai pemenang dalam sebuah undian. Entah apa yang melatar belakangi saya untuk seratus persen tak percaya pada isi pesan tersebut. Saya memang tak pernah menanggapi isi pesan yang berbau penipuan. Membalas pesan dengan candaan pun tidak.



Beragam reaksi pun dilakukan dalam menanggapi isi pesan singkat tersebut. Ada yang membalasnya iseng, ada yang cuek (ini tipe saya) dan bahkan ada yang sampai serius menanggapinya. Justru tipe orang ketiga inilah yang terkadang menjadi sasaran empuk bagi orang-orang yang iseng membuat pesan kreatif tersebut.


Guna mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengatasi SMS penipuan ini, saya pun searching di Google. Sampailah saya pada salah satu website portal berita yang sudah tak asing lagi, Tribunnews.

Seperti yang saya kutip dari Tribunnews (Jum'at, 09/01/2015), berikut adalah cara mudah mengatasi SMS penipuan yang cukup ampuh :


1. Operator Telkomsel

ketik : penipuan#nomor si penipu#isi sms tipuan --> kirim ke : 1166

Contoh :

ketik : penipuan#089600778899#Selamat!! Anda adalah pemenang undian berhadiah dari PT. Angin Malam berupa satu set BEHA beserta isinya!!. Lalu kirimkan ke : 1166.

2. Operator XL

ketik : lapor#nomor yang digunakan si penipu#kasus yang dikeluhkan --> kirim ke : 5883

3. Operator Indosat

ketik : sms#nomor pengirim sms penipuan#isi sms penipuan --> kirim ke : 726


*semua layanan tersebut gratis

Apabila terdapat dua orang pelapor yang segera melaporkan sms penipuan tersebut, maka operator akan langsung memblokir secara permanen nomor hape yang digunakan oleh si penipu tersebut.

Dan saya pun yakin, setelah nomor hape si penipu di blokir, maka mereka pun menggunakan nomor SIM card yang baru untuk mencari korban-korban yang lainnya.

Jadi sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menyikapi pesan kreatif yang masuk ke ponsel Anda dan jangan mudah tergiur.


Semoga bermanfaat.

2 comments

Masalahnya adalah, orang-orang tidak mau melaporkan. Alias cuek bebek. Saya juga tidak menanggapinya tapi memang ketika itu dari Bank yang kita menaruh duit disana, otomatis ada rasa penasaran kan?. Tapi kalau sudah kedua dst maka tidak pernah saya tanggapi. Info yang bermanfaat.

Reply

Tapi kalau yang ujung-ujungnya jadi pemenang undian berhadiah, baru deh gak saya tanggapi Mas. La wong ikut undian juga kagak pernah. Yang penting harus hati-hati dan waspada...

Reply

Post a Comment