Pengertian Link Aktif Dan Manfaatnya

Saya dapat ilmu blog lagi dari Google. Hasil iseng-iseng pencarian semalam. Lagi nyari-nyari artikel masalah Blog Contests, eh malah nyasar ke masalah link aktif. OKE... SKIP!! 
Gambar : hilbramkurnia3.blogspot.com


Khusus untuk para master blog yang sudah mahir mengenai masalah link aktif ini, gak ada salahnya kok kalau mau membaca postingan ini. Saya malah senang, hehehe... Siapa tahu saja ada masukan atau tambahan yang lainnya. :)

Bagi yang belum paham, saya akan mencoba menjabarkannya sesuai dengan gaya bahasa Blog Mas Hendra.

Pengertian link aktif

Link aktif adalah sekumpulan karakter yang apabila kita klik, maka kita akan diarahkan menuju ke sebuah halaman blog/web tertentu.

Biasanya tulisan karakternya akan berwarna dan agak sedikit berbeda. Tergantung selera dari si pemilik blog/web.

Contohnya kayak gini : http://hendrasuhendra176.blogspot.com. Coba saja di klik, jangan ragu-ragu, ini namanya link aktif. Lihat saja tulisannya berwarna, hurufnya agak tebal, padat, berisi dan bohai. Kalau kursornya didekatin, maka akan membentuk tangan.

Kalau penulisannya seperti ini : http://hendrasuhendra176.blogspot.com, kalau yang ini namanya link pasif. Gak akan bisa di klik.

Pengaruh link aktif pada postingan blog

Kalo Anda membuat link aktif untuk menuju ke suatu halaman blog/web tertentu, maka yang diuntungkan adalah blog/web yang dituju dan hal ini disebut BACKLINK bagi blog/web tersebut. Dan apa keuntungannya bagi blog Anda?? Gak ada keuntungan apa-apa.

Justru kalau bisa kita yang berusaha untuk mendapatkan backlink dari blog/web ternama (dengan PageRank yang tinggi), karena selain untuk meningkatkan traffic pengunjung di blog kita, juga dapat meningkatkan PageRank blog kita. Yah... Kecipratan gitu deh.

Tapi kalau tetap mau membuat link aktif di postingan, sebaiknya gunakan "rel=nofollow", karena link aktif tersebut gak akan pernah dianggap backlink dari blog kita oleh mesin pencari/Search Engine. Yah... Sedikit hampir mirip sama lagunya Pinkan Mambo, "Link Yang Tak Dianggap"...


Manfaat link aktif menuju artikel lainnya di blog kita

Tapi lain halnya kalau link aktif tersebut adalah link menuju artikel-artikel di blog/web kita, itu malah bagus untuk meningkatkan PageRank maupun Alexa Rank blog kita.

Saya pun baru nyadar, ternyata membuat link aktif ke artikel lainnya di blog kita, adalah hal yang justru bagus buat kemajuan blog.... Hmmm.. Patut dicoba nih.

Link alamat email aktif di postingan

Untuk penulisan email pada contact person atau kontak maupun di postingan, sebaiknya gunakan format sebagai berikut :
blogmashendra[at]gmail[dot]com.

Kalau Anda menulis alamat email dengan lengkap seperti : blogmashendra@gmail.com, maka alamat email ini akan selalu terbaca secara otomatis oleh robot mesin pencari. Dampaknya bisa saja email kita akan terkena SPAM. Seperti pesan Pak dokter, "mencegah lebih baik daripada mengobati (SPAM)".

Gimana teman-teman?? Sudah pada paham khan?? Mudah-mudahan artikel pengertian link aktif dan manfaatnya yang sederhana nan bersahaja ini dapat bermanfaat. Mudah-mudahan berkah juga, karena kita harus saling sharing ilmu pengetahuan satu sama lain khan....

Seandainya ada masukan, tambahan, maupun saran, kritik dan kripik, jangan ragu-ragu untuk berkomentar, sebelum komentar dilarang. Saya akan senang sesenang-senangnya....

Happy blogging...

4 comments

saya baru tau ttg link aktif yang menuju artikel sendiri. Patut dicoba nih kayaknya. Thx, ya :)

Reply

Link ada dua :

Internal link : link yang mengarah ke artikel2 dalam blog kita.

Eksternal link : link yang mengarah ke blog/web yang lain.

Makasih sudah main ke blog saya...

Reply

Kalau saya sudah menerapkannya mas, malah kalau dihubungkan dengan artikel kita yang lain yang berhubungan itu sangat bagus, saya sering mencontoh dari wikipedia. ^.^

Menurut mas, artikel yang saya buat gimana ya?

Saya tunggu kedatangannya.

Reply

Wah kalo blog mas Adam udah keren berbobot, tinggal mempertahankan eksistensinya aja. Tapi kalo blog saya jalan perlahan, masih butuh kerja keras untuk lebih greget, dari segi konten maupun pengunjung..

Trims udah maen ke blog saya...

Reply

Post a Comment