Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Blog Walking


Foto : Sumutpos.co
Dalam dunia per-blogger-an, tentu saja kita mengenal istilah blog walking atau berkunjung antar blog, kalau diartikan kurang lebih seperti ini : Proses kunjungan antar sesama blogger dari satu blog ke blog yang lainnya dengan saling meninggalkan komentar yang baik. Menurut pendapat sederhana saya seperti itu.



Komentar yang ditulis pun, harus sesuai dengan konten atau isi artikel. Gak nyambung kan, isi artikelnya lagi ngomongin manfaat blog walking, eh  isi komentarnya malah jualan atau lebih parahnya lagi ninggalin link aktif atau spam.

Saya pun sering sekali melakukan yang namanya blog walking. Tentu bukan hanya sekedar blog walking saja, namun ada "sesuatu atau manfaat" yang akan kita dapatkan bila kita sering-sering melakukan blog walking. Sekaligus ada secuil harapan dibaliknya. Lalu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui blog walking ini? Saya akan sharing pengalaman saya selama melakukan blog walking ini. Jangan kemana-mana, lanjut baca terus disini ya :

1. Menambah teman

Keinginan seorang blogger untuk mendapatkan teman di dunia maya, bisa dilakukan salah satunya dengan cara blog walking. Yah meskipun masih banyak dengan cara lainnya, setidaknya dengan melakukan blog walking dan meninggalkan sebuah komentar positif di blog yang Anda tuju, bukan tidak mungkin mereka pun akan mengunjungi kembali blog Anda. Atau bahkan lebih dari itu, tak tertutup kemungkinan juga akan mem-follow blog Anda.

Jadi tunggu apalagi, rajin-rajinlah berkomentar positif, siapa tau saja ketemu sama jodoh Anda cuma gara-gara sering berkomentar. Sambil menyelam minum air, begitu kata para pujangga.

2. Menambah informasi baru

Selama saya blog walking, banyak sekali pengalaman seru dari teman-teman maupun pengetahuan baru lainnya yang saya dapatkan. Artikel-artikel menarik dari teman-teman blogger telah menghiptonis saya untuk berlama-lama membacanya.

Apa yang saya dapatkan setelah membaca artikel-artikelnya? Informasi baru. Betul banget. Sebuah informasi menarik yang mungkin saja bisa menambah stock pengetahuan Anda. Dan sekaligus bisa jadi juga inspirasi yang positif buat Anda.

3. Mendapat inspirasi menulis

Sulit mencari inspirasi? Sering-seringlah blog walking. Dengan saling blog walking, bukan tak mungkin, Anda akan mendapat banyak inspirasi baru untuk menulis artikel. Pun begitu juga dengan saya, belakangan ini jadi rajin blog walking cuma buat nyari inspirasi. *padahal si inspirasi gak kemana-mana...

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca artikel : Inspirasi Ngeblog Hilang Seketika?? Ini Solusinya.

4. Bersilaturahmi

Bersilaturahmi tak hanya dilakukan di dunia nyata. Di dunia maya pun kita masih bisa saling silaturahmi. Yah meskipun gak ketemu secara langsung, tapi setidaknya kita bisa saling blog walking dengan sesama blogger lainnya.

Inget loh, silaturahmi itu penting, selain bisa saling mengenal satu sama lain, kita pun akan dapat dengan mudah dikenal dan diingat. Minimal bisa kebawa mimpi. Jadi sering-seringlah blog walking.

5. Dapat meningkatkan traffic blog

Hal ini juga sangat penting buat kemajuan blog Anda, terutama yang lagi nyari banyak visitors atau pengunjung. Seperti blog saya. Dengan mengunjungi blog-blog yang lainnya, bukan tidak mungkin mereka pun tak segan untuk berkunjung balik ke blog kita. Dan Anda tau apa efeknya terhadap blog? Traffic blog kita pun akan sedikit meningkat, mengingat ada banyak pengunjung dari blogger yang lainnya.

6. Membuat blog semakin dikenal luas

Ini juga penting nih, blog kita bisa jadi ngetop dan dikenal banyak orang. Yah minimal bisa sama ngetopnya dengan Sony Wakwaw.

Semakin blog kita dikenal luas, semakin banyak pengunjung yang akan mampir ke blog kita. Tapi tetap isilah blog Anda dengan konten yang unik dan artikel-artikel yang menarik dan bermanfaat buat orang banyak yaa...

Mau tau cara menulis artikel yang baik? Baca : Tips Menulis Artikel Yang Baik.

Enam manfaat blog walking diatas tadi, sedikit banyak telah saya rasakan dampaknya loh, yah tapi secara perlahan dan tetap sabar.

Kalau ada saran, masukan, tambahan maupun pengalaman dari teman-teman, yuk sharing saja disini, mumpung komentar masih gratis.

Semoga bermanfaat...

Happy blogging...

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Blog Walking"