Nostalgia Dengan Film-Film Tahun 1990-an

Yuk kita flashback sejenak mengenang kesuksesan film-film lawas di era 90-an. Pada waktu itu saya masih SD gan. Pada masanya, stasiun TV baru ada TVRI, Progama 2 dan RCTI. Untuk RCTI sendiri merupakan TV swasta pertama yang hadir meramaikan hiburan di tanah air. Kemudian di susul SCTV, TPI, INDOSIAR dan AnTeve.

Saya lebih menyukai acara-acara RCTI pada waktu itu ketimbang sekarang, yang isinya kebanyakan sinetron. Mungkin ada sebagian dari Agan atau Sista yang pernah menyaksikan film-film seri yang terbilang sukses pada masanya.

1. My Secret Identity (1988-1991)


Film seri ini tayang pada tahun 1988 sampai dengan tahun 1991. Pemeran utamanya Jerry O'Connell (17 Februari 1974) yang memerankan sebagai Andrew, seorang anak lelaki yang memiliki kekuatan bisa terbang dan berlari secepat kilat. Serial ini ditayangkan tak lebih dari 72 episode gan.




2. MacGyver (1985-1992)
Salah satu film seri favorit saya waktu itu gan

Sang pemeran utama OM Richard Dean Anderson saat ini
Siapa yang tak kenal tokoh yang super cerdik ini gan. MacGyver adalah seorang agen yang diperankan oleh Richard Dean Anderson (23 Januari 1950). Doi paling demen menggunakan akalnya dan kecerdikannya dalam setiap kali beraksi ketimbang memakai kekerasan. Serial ini ditayangkan sebanyak 139 episode.




3. Airwolf (1984-1986)

Film serial ini mengisahkan tentang kehebatan dan kecanggihan sebuah helikopter gan. Senjatanya pun cukup lengkap. Pokoknya dijamin seru (saat itu tapi ya gan). Tokoh utama diperankan oleh Jan Michael Vincent (15 Juli 1944). Serial ini ditayangkan sebanyak 79 episode.




4. The A Team (1983-1987)

Serial ini mengisahkan sekelompok mantan pasukan khusus angkatan darat Amerika Serikat. Tragisnya, mereka ini dituduh atas kejahatan yang telah mereka perbuat, padahal sebenarnya mereka gak pernah melakukan kejahatan tersebut gan. Pemeran utamanya adalah :


- George Peppard (01 Oktober 1928 dan wafat pada tanggal 08 Mei 1994) memerankan sang boss Kolonel John "Hannibal" Smith.


- William Dwight Schultz (24 November 1947) memerankan Kapten "Howling Mad" Murdock, seorang kapten pesawat yang handal namun memiliki masalah pada kewarasannya.

- Dirk Benedict (01 Maret 1945) memerankan si Templeton "Faceman" Peck.

- Mr. T (21 Mei 1952) memerankan tokoh B.A. Baracus yang memiliki postur berbadan besar namun paling takut naik pesawat dan paling sering ribut sama si Murdock.



5. Renegade (1992-1997) 



Film seri ini mengisahkan seorang polisi San Diego yang bernama Reno Raines (diperankan oleh Lorenzo Lamas) yang dijebak Dixon (diperankan oleh Steven Flynn) dengan tuduhan telah membunuh tunangannya sendiri.



6. Baywatch (1989-2001)

Kisah penjaga pantai yang diperankan oleh David Hasselhoff  yang siap menyelamatkan orang-orang yang tenggelam atau membutuhkan pertolongannya. Dibantu oleh para staffnya yang seksi-seksi. Salah satunya diperankan oleh Pamela Anderson.



7. Knight Rider (sekitar tahun 1990-an)

Si mobil cerdik yang bisa ngomong. Nama mobilnya KIT. Dibintangi oleh David Hasselhoff. Salah satu film yang saya tunggu-tunggu waktu itu gan.



8. Hunter (1984-1991)

Film seri ini mengisahkan seorang detektif polisi (LAPD) (diperankan oleh Fred Dyer) untuk menumpas kejahatan di wilayah LA. Dibantu rekannya (diperankan oleh Dee Dee McCall. Waktu itu tayang di TVRI.



9. Remington Steele (1982-1987)

Ini adalah film pertama om Pierre Brosnan (Salah satu pemeran James Bond 007).



10. CHIP's (1977-1983)

Film seri tentang polisi bermotor gede (BM) yang berpatroli di wilayah jalan California. Film seri ini dibintangi oleh Erick Estrada. Tayang di TVRI gan.


11. Beverly Hills 90210 (sekitar tahun 1993)

Serial yang mengangkat kehidupan rumit masalah remaja pada masanya. Terkenal banget di era 90-an gan. Dibintangi oleh Hillary Swank dan Jessica Alba. Saat itu ditayangkan di RCTI.


12. Oshin (sekitar tahun 1983-1984)

Ni kayaknya film lawas banget. Sampe lupa jalan ceritanya seperti apa. Pokoknya cukup ngetop waktu itu. Nih film dari Jepang, makanya namanya Oshin, kalo dari Betawi namanya Ocid. Waktu itu ditayangkan di TVRI.


Dan masih banyak lagi yang gak mungkin saya sebutkan semuanya gan. Gimana menurut agan, bagusan film jadul atau film-film (sinetron) yang sekarang?...

Jujur aja, saya lebih kangen pada film-film serial lawas ketimbang film/sinetron saat ini. Dimana sinetron sekarang kurang atau bahkan gak memperdulikan jalan ceritanya seperti apa serta nilai pelajaran apa yang bisa diambil darinya. Yang penting adalah ratingnya tinggi, iklannya banyak dan penontonnya juga banyak, tanpa memperhatikan nilai-nilai positif didalamnya.
 
*MIKIR!!

Post a Comment