5 Kebiasaan Buruk Saat Kecil Ketika Sholat Tarawih

Anak Kecil Lagi Belajar Sholat - Blog Mas Hendra

Sedikit flashdisc eh,.. flashback ke masa kecil kita. Pasti teman-teman pernah memiliki pengalaman waktu kecil saat melaksanakan sholat tarawih. Biasanya pengalaman waktu kecil dulu, pasti ada aja kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat lagi sholat tarawih. Ya meskipun nggak semuanya adalah kebiasaan buruk. 


Seperti apakah kebiasaan buruk tersebut. Langsung saja kita ke tekape :

1. Lebih cepat lebih baik 


Waktu kecil dulu, pengennya sholat tarawih cepat selesai. Paling enak diimami sama pak Ustadz atau pak haji yang bacaan sholatnya ringkas dan gerakannya juga cepat. 
Tapi kalau pas kebetulan dapat imam yang bacaannya lama, kadang suka bad mood duluan di tengah-tengah pelaksanaan sholat tarawih. Sejatinya hal ini nggak cuma berlaku bagi anak-anak kecil aja, buktinya orang dewasa juga masih ada kok yang mengharap cepet-cepet selesai sholat tarawihnya.

2. Sholat tarawih cuma separo 


Sewaktu kecil (kisaran se-usia SD) dulu, teman-teman pasti pernah dong ngalamin yang namanya sholat tarawih cuma setengah alias nggak sampai tuntas. Selebihnya dihabiskan untuk bermain. Kalau nggak main petasan ya main petak umpet. Atau main pake sarung. Atau bahkan langsung pulang.

Kalaupun memang main ya paling juga mainnya bisa sampai agak malam sedikit, habis itu langsung pulang nggak lama setelah jama'ah tarawih bubar.


3. Bercanda saat sholat Tarawih

Pasti pengalaman bercanda saat sholat tarawih pernah teman-teman alami saat kecil dulu kan.
Kalau lagi mau serius sholat, pasti ada aja teman yang iseng gangguin. Akhirnya ujung-ujungnya malah nggak jadi sholat, malah ikut-ikutan bercanda. Saking berisiknya bikin ulah di Masjid atau Musholla, sampai dimarahin sama pak haji atau pak ustadznya atau sama jamaah yang lainnya.

4. Shaf paling belakang 


Biasanya menunggu jama'ah lainnya untuk masuk lebih dulu, baru deh kita pada masuk cari shaf belakang. Agar supaya bisa pada ngumpul sama teman-teman dan apalagi kalau bukan bercanda. Kalau sudah beres sholat tarawih, biar bisa langsung ngacir keluar Masjid/Musholla.

5. Sholat tarawih cuma untuk ngisi buku saku Ramadhan 


Sewaktu kecil, pasti pernah dong dapat buku saku Ramadhan dari sekolahan. Buku itu sebenarnya fungsinya untuk mengawasi ibadah dan kegiatan kita selama bulan Ramadhan. Biar gak main terus. Kalau mau hasil buku agenda Ramadhannya bagus, mau gak mau kita harus melaksanakan seluruh ibadah wajib maupun sunnah, termasuk pula sholat Tarawih ini. Sholat Tarawih poll cuma untuk mengisi buku saku Ramadhan... *sungguh terlalu*

------------

Nah itu tadi 5 kebiasaan buruk saat kecil ketika melaksanakan sholat tarawih.

Tentu saja teman-teman punya pengalaman-pengalaman yang lainnya saat kecil dulu.

Sebenarnya hal ini nggak perlu terjadi, bila orang tua selalu mendampingi anak-anaknya saat sholat Tarawih. Atau jauhkan anak kita dari jangkauan anak-anak yang lainnya. Ya namanya juga waktu kecil, belum paham betul apa makna dari sholat tarawih. Mudah-mudahan kebiasaan buruk ini nggak menular ke anak cucu kita nanti. Cukup kita-kita aja yang ngalamin.


 

17 comments

Haha... tepat banget mas.

Makanya saya sekarang kalo bawa anak kecil taraweh, saya suruh duduk manis deket saya, atau saya ambil shaf depan jadinya gak bisa ngapa2in tuh. Abis takut kelakuan mereka kaya saya waktu kecil, hehe :D

Nice sharing mas

Reply

Pengalaman kita sama, hehehe..

Anak kecil kalo didampingin orang tuanya di depan, biasanya ikut diam, asal jangan ada temennya..

Reply

haha :D bener tuh, jadi pengen kembali ke masa kecil dulu :D :D
kebiasaan itulah yang membuat saya rindu akan canda dan tawa saat bersama :D *ciaelah kata-katanya* hihi

Reply

Wuiih bahasa puitisnya keluar. Emang sih masa kecil selalu menyenangkan tanpa beban..

Reply

bawa cemilan dan dimakan saat jeda shalat :D

Reply

Mirip mas saya juga waktu kecil suka yang imamnya patas dan rajin tarawih karena ada tajilnya jadi setia sampai sholatnya selesai

Reply

Wow, sempat sempatnya ngemil, nggak sekalian sahur aje, hehehe :)

Reply

TOS... kita sehobi rupanya Mas Dwi

Reply

betul banget tuh yg dibahas diatas.
sampe sekarang kebiasaan2 itu masih dilakukan oleh anak seusia sekolah dasar.
jadi inget waktu kecil nih mas.

Reply

kayaknya ini komen pertama saya diblog ini yamas?
salam kenal

Reply

Makasih atas kunjungannya Mas Yanto. Masa kecil emang paling banyak tingkahnya yaa...

Reply

Iya Mas Yanto. Salam kenal juga & makasih udah sempat mampir...

Reply

tujuan ngeblog saya yg pertama memang mencari teman koq mas selanjutnya untuk nambah penghasilan :D

Reply

Siip lah Mas, banyak teman bukan cuma di dunia nyata aja ya Mas. Di dumay juga sangat perlu. Kalau penghasilan mah nomor sekian, hihihi...

Reply

Klo ga dikasih bekel or duit ga bakalan berangkat...heheee soalnya tukang jajanan banyak bgt nungguin kita...racun juga tuh tukang jajanan...hahaaaa jadi nyengir sendiri...
Nah mengenai buku agenda ramadhan...ga mungkin deh full dri hasil taraweh sebulan...yg ada saling share sama temen" dikelas..wkwkwkwkwk
Ga kaget dah klo anak" kita kelakuannya kayak kita...heheee trims ahhh postingannya

Reply

Jadi selama ini cuma ngincar uang jajannya aja ya kalo tarawih

Reply

Post a Comment