Taraweh Pertama

 
blog mas hendra
Gambar : suaraquran.com
Alhamdulillah.. Saya masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa pada kali ini. Nah saya hanya mau sharing mengenai materi kultum yang disampaikan saat pelaksanaan sholat tarawih pertama dari masjid dekat rumah.

Sudah menjadi rahasia umum, sholat taraweh pada saat pertama kali diadakan sangat dipadati oleh jamaah. Sampai-sampai ada tetangga saya (agak terlambat datang ke masjidnya) yang hendak taraweh, tapi gak kebagian tempat, sampai beliau pulang lagi.

Antusias para jamaah sangat tinggi dalam pelaksanaan sholat taraweh malam pertama. Mulai dari anak-anak, dewasa, emak-emak dan bapak-bapak telah memadati masjid bahkan sebelum dikumandangkan azan Isya.

Tapi, nih jeleknya, menjelang akhir Ramadhan biasanya yang terjadi malah sebaliknya, antusias jamaah untuk taraweh malah menurun, jadinya masjid semakin sepi saat pelaksanaan sholat taraweh. *hmmm. Pada kemana yaa*

Tadi sempat menangkap inti dari kultum yang disampaikan sebelum sholat tarawih dilaksanakan. Yaitu mengenai nasehat dari alam kubur :

1. Aku adalah tempat yang paling gelap diantara tempat yang gelap, maka terangi aku dengan TAHAJUD.

Pada bulan yang sangat mulia ini, merupakan momen yang sangat tepat dalam meningkatkan amalan-amalan ibadah baik yang wajib maupun yang sunnah. 

2. Aku adalah tempat yang paling sempit, maka luaskan aku dengan mempererat tali SILATURAHMI.

Alangkah baiknya silaturahmi tidak dilakukan hanya dibulan Ramadhan, namun harus dilakukan secara kontinyu. Anak mengunjungi orang tua, adik mengunjungi kakak dan sebagainya.

3. Aku adalah tempat yang paling sepi, maka ramaikan aku dengan bacaan AL-QUR'AN.

Bulan Ramadhan ini menjadi momentum yang sangat pas dalam meningkatkan segala amal ibadah kita. Perbanyaklah membaca Al-Qur'an, disetiap hurufnya akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Ta'ala.

4. Aku adalah tempat yang paling menjijikan, maka hiasilah aku dengan perbanyak SEDEKAH.

perbanyaklah sedekah terutama dibulan yang suci ini. Banyak hal bisa dilakukan dalam bersedekah. Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.

Nah itu tadi kultum singkat yang disampaikan sang Ustadz, empat dari tujuh nasehat dari alam kubur.

Mudah-mudahan dapat bermanfaat buat teman-teman semua.

Keep spirit of Ramadhan 1435 H...

Post a Comment