Jenis Pelanggaran Yang Paling Sering Dilakukan Pengendara Motor

Gambar : mediamadura.com
Sudah menjadi rahasia umum, para pengendara sepeda motor merupakan yang paling sering melakukan pelanggaran lalu lintas. Bukan berarti pengendara mobil (mobil pribadi dan angkutan umum) gak pernah ada yang melanggar ya gan. Cuma saja, pengendara sepeda motor lebih "mudah" melanggar ketimbang pengendara mobil. Seandainya saja didaftarkan di MURI, pengendara motor sepertinya lebih layak menyandang gelar tersebut.



Walaupun gak semua pengendara seperti itu, tapi sebagian besar dari mereka sering melakukan pelanggaran2 saat di jalan raya. Mau tidak mau pengendara sepeda motor yang "alim" pun akan ikut kena imbasnya lantaran lebih banyaknya pengendara sepeda motor yang melanggar peraturan lalu lintas.

Keadaan di lapangan, seolah melegalkan segala bentuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Bentuknya pun sangat beragam, mulai dari pelanggaran ringan, sedang maupun berat.

Mau tahu apa saja jenis pelanggaran yang paling sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Cek selengkapnya di mari gan :


1. Tidak memakai helm
Kalau yang punya isi otak di kepala, pasti memakai helm saat mengendarai sepeda motor (kecuali yang tidak punya) (Gambar : kompasiana.com)
Tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor adalah salah satu jenis pelanggaran yang paling sering dilakukan. Dengan berbagai alasan, seolah mereka memiliki alibi yang kuat untuk tidak memakai helm saat mengendarai sepeda motor, apalagi saat jarak dekat.

Padahal konsekuensinya sudah pada tahu toh, nyawa lebih penting ketimbang hanya sebuah helm. Apa susahnya memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Kepala lebih penting mas/mba brooo....

Peradaban manusia telah semakin maju, teknologi helm telah diciptakan oleh manusia (yang konon katanya) untuk keselamatan manusia itu sendiri. Tapi nyatanya.......

Cek dimari gan :
Orang2 yang kurang perduli menyayangi isi kepalanya :
Kecelakaan, isi otak keluar karena gak pakai helm (bagi yang gak kuat jangan di klik gan) :
Hewan saja pake helm, masa manusia kalah sama hewan :
Pake helm sih pake helm, tapi gak kayak gini juga keleeeesss :
Mungkin masih banyak yang gak tau perbedaan antara helm dan peci. Sini saya kasih tau perbedaanya gan :
Yang ini helm :
Yang ini peci :
BONUS GAN :
Agan akan terlihat seperti ini kalau memakai helm :
Tren baru cara memakai helm (mungkin mereka lupa gimana cara pake helm gan) :

2. Melawan arus
Spanduk cuma jadi pajangan (Foto : rmol.co)
Hobi melawan arus sepertinya sudah menjadi satu kebiasaan bagi sebagian para pengendara sepeda motor. Mereka ini adalah orang2 yang anti mainstream. Nekad melawan arus meskipun sudah tahu resikonya, NYAWA. Padahal sudah banyak kok korban berjatuhan, bahkan sampai meninggal segala. Cek beritanya di detikNews dan Kompas gan.

"MALAS PUTAR ARAH, MENDINGAN MELAWAN ARUS, BIAR CEPAT SAMPAI". Sampai mana mas? Sampai rumah sakit iya.  

Cek dimari gan :
Para pengendara sepeda motor yang gak bisa membedakan arus lalu lintas (newbie) :
Kecelakaan sepeda motor akibat nekad melawan arus :
Kecelakaan paling parah akibat nekad melawan arus (bagi yang gak kuat sangat gak dianjurkan untuk melihatnya gan) :

3. Mainin hape saat mengendarai sepeda motor
Peringatan keras bagi para pengendara kendaraan bermotor (Foto : mahesajenar.com)
Banyak dari para pengendara sepeda motor mungkin belum menyadari betapa berharganya sebuah nyawa dibanding hanya ber-sms atau ber-telepon ria saat berkendara.

Apa susahnya mereka untuk minggir sebentar saat akan menerima panggilan masuk maupun sms. Paling juga gak lebih dari lima menit. 

Apakah ber-sms dan telepon ria lebih penting ketimbang sebuah nyawa. Padahal sudah ada korban jiwa akibat mainin hp saat mengendarai sepeda motor. Cek beritanya di detikNews dan Riau Pos gan.

Cek dimari gan :
Orang2 yang sok super sibuk, mengendarai sepeda motor sambil mainin hape :

Kecelakaan akibat mainin hp saat mengendarai sepeda motor :

Mungkin mereka belajar dari sini gan :

4. Motor lewat trotoar 
Selamatkan nasib pejalan kaki yang haknya di rampas pengendara sepeda motor di Indonesia (Gambar : b2w.indonesia.or.id)
Motor lewat trotoar juga menjadi pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Terutama saat jalanan macet. Padahal trotoar adalah hak bagi para pejalan kaki (pedestrian). 

Kadang suka ngeselin, saat pejalan kaki sampai harus mengalah diatas jalannya sendiri ketika pengendara sepeda motor merampas hak para pejalan kaki. Sungguh ironi. Masih jauh dari kata tertib...

Cek dimari gan :
Para pengendara sepeda motor yang matanya rabun, gak bisa bedain mana trotoar mana jalan :

5. Gak nyalain lampu utama disiang hari
Siang hari motor juga harus menyalakan lampu gan
Ini juga sering ditemui gan. Terutama di jalan2 komplek, banyak dari para pengendara sepeda motor masih enggan untuk menyalakan lampu utama disiang hari. Padahal manfaatnya bisa memberikan efek silau/cahaya lampu bagi kendaraan2 yang ada didepannya, sehingga keberadaan kita akan menjadi kewaspadaan bagi pengendara lainnya.

Cek dimari gan :
Masih banyak pengendara sepeda motor yang gak nyalain lampu disiang hari :

6. Melanggar lampu lalu lintas
Arti lampu lalu lintas di mata pengendara sepeda motor di Indonesia (Gambar : kaskus.co.id)
Lampu lalu lintas kelihatannya hijau semuanya (Gambar : iqbalfr.blogspot.com)
Teman2 tentunya sering dong melihat sepeda motor yang melewati garis batas saat menunggu lampu lalu lintas dijalan. Dan juga sering melihat beberapa pengendara sepeda motor yang menerobos lampu lalu lintas, gak perduli lagi sama nyawanya, yang penting kenceng, cepat sampai dan tepat waktu.

Sebagian dari mereka mungkin gak bisa bedain mana warna merah dan warna hijau di lampu lalu lintas. Arrrrgh.. untuk ape sekolah gan, kalo gak bisa bedain warna. Kalah sama anak TK yang lebih paham mana warna merah dan mana warna hijau.

Cek dimari gan :
Orang2 yang gak bisa bedain warna merah dan hijau gan :
   
7. Menerobos jalur bus Transjakarta
Jumlah angka pelanggaran semakin meningkat (Gambar : kaskus.co.id)
Seringkali kita lihat tayangan di tv tentang berita pelanggaran2 yang sering terjadi di jalur bus transjakarta. Ada pengendara mobil dan juga mayoritas adalah pengendara sepeda motor.

Karena situasi jalanan macet parah, tak jarang para pengendara motor ambil jalan pintas dengan memasuki jalur bus transjakarta ini.

Kayaknya denda di tempat harus segera diberlakukan pak Gubernur, biar pada kapok. 

Cek dimari gan :
Para pemotor yang melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur bus Transjakarta :

8. Melanggar rambu lalu lintas
Foto : beritasingkat.com
Rambu lalu lintas di jalan raya, ibarat hanya sebuah pajangan bagi pengendara2 yang gak disiplin. Seolah hanya berupa hiasan di jalan. Gak sedikit para pengendara sepeda motor yang sering sekali kita lihat "hobi" mengabaikan rambu2 lalu lintas. Giliran sudah jatuh kecelakaan, pasti dia menyalahkan orang lain. Ironi memang, seolah "raja jalanan" selalu merasa benar. Iya gak bro.....

Cek dimari gan :
Mending gak usah dipasang rambu2 lalu lintas saja sekalian gan :
BONUS GAN :
Penampakan :
------------------------------------------------------------------------------------------
Mudah2an kita semakin menyadari betapa pentingnya keselamatan diri sendiri maupun orang lain. INGAT!! Keluarga selalu menunggu dirumah. Ingat anak dan istri kita selalu menunggu kehadiran kita dirumah.


Gambar : wisnu3ds.wordpress.com
Jangan bersikap arogan bila di jalan raya. Jangan srantal sruntul kalo bawa kendaraan. Patuhi peraturan lalu lintas biar selamat sampai rumah. Kalau sudah sampai kecelakaan sakitnya disiniiiii.....


Gambar : kreatif21.wordpress.com

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk semuanya...

6 comments

Wah wah semoga abang gk khilaf kek gitu ya :)

Reply

Bener banget bang apa yang lu sebutin di atas. Mayoritas orang yang melanggar ngelakuin semuanya. Gak munafik sih, gua juga kadang ngelanggar lalu lintas. Yang sering gua lakuin main hp saat bawa motor.

Eh ada tambahan ni, banyak pengendara yang ngobrol dengan pengendara lain di tengah jalan. Ganggu orang lain mau lewat aja -_-

Reply

Hehehe.. Namanya khilaf pasti pernah..
Makasih udh mampir agan abdul jabbar fathoni

Reply

Iya, sebagian besar sperti itu. Saya pun pasti pernah melanggar salah satu diatas, alasannya klasik, KEPEPET!!
Makasih udah mampir gan..

Reply

Udahh bener semua bang yang disebutkan diatas :D

Orang terkadang lebih mementingkan terburu-buru daripada nyawa kayaknya -__-

Aku belum pernah melanggar lalu lintas sih, yaiyalah orang aku nggak pernah mengendarai hehehehe

Semoga semua pengendara lebih sadar lagi, dan lebih sayang sama nyawa :)

Reply

Aamiin.. Kayaknya yg paling semrawut ya di Jakarta, hehehe...
Makasih udh mampir Fatimah..
Salam kenal..

Reply

Post a Comment