13 Hal Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan


blog mas hendra


Setelah sebelumnya saya menulis artikel (sederhana, singkat, jelas dan padat) yang berjudul Fenomena Menjelang Lebaran, maka artikel kali ini pun tidak jauh berbeda, hanya saja seputar masalah di bulan Ramadhan. Tiga belas hal ini hanya ada di bulan Ramadhan loh.

Penasaran fenomena apa sajakah itu? Mari kita simak ulasannya berikut ini :



1. Harga Sembako Mengalami Kenaikan 
Disaat kita dianjurkan untuk meningkatkan amal shalih di bulan Ramadhan ini, kok malah harga sembako juga ikut-ikutan naik. Malahan "mereka" duluan yang naik. Seperti dikomandoi, harga sembako, seperti telur, daging ayam, minyak dan lainnya tampak kompak merangkak naik sesaat menjelang bulan Ramadhan. Sepertinya masyarakat "dipaksa" untuk merogoh rupiah lebih dalam lagi (bahkan jauh lebih dalam lagi) setiap menjelang bulan Ramadhan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 


2. Bermunculan Makanan Khas Dibulan Ramadhan
Makanan ringan yang termasuk "langka" ditemui diluar Ramadhan ini, dengan mudahnya bisa Anda temui (seolah hanya khusus) dibulan Ramadhan saja, seperti timun suri, kolang kaling dan kurma.

3. Acara Religi Bermunculan
Hanya sekedar mempertahankan rating saat bulan Ramadhan dan "mencuri" perhatian pemirsa di seluruh wilayah Nusantara, masing-masing stasiun TV ramai-ramai menayangkan tayangan berbau religi selama Ramadhan. Seolah menjadi "kebiasaan sementara" dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Setelah Ramadhan berakhir, acara-acara religi pun lenyap bak ditelan bumi. Apakah cukup masyarakat disuguhkan acara religi setahun sekali? Sungguh ironi.

4. Iklan Khas Ramadhan Bermunculan
iklan ini pun biasa nongol diluar bulan puasa, hanya saja diberi "sedikit sentuhan" nuansa Ramadhan. Dimulai dari iklan sirop, sarung, operator telepon selular, obat kumur, obat maag, multivitamin dan sandal (biasanya dipakai untuk berlebaran).

5. Banyak Penjual Tajil Dadakan
Dipinggir jalan (ya iyalah, masa ditengah jalan), banyak penjual-penjual dadakan yang menjajakan tajil, macam kolak, gorengan, es kelapa dan lain sebagainya. Kebanyakan dari mereka adalah penjual aselinya, namun selama Ramadhan banyak juga penjual tajil dadakan, seperti tetangga saya yang ikut andil berjualan tajil, padahal aselinya beliau berjualan bubur ayam lho (berhubung bubur ayam saat pagi hari tutup selama Ramadhan). Biasanya suasana bertambah ramai menjelang waktu berbuka puasa.

6. Petasan Mulai Bermunculan
Seperti menjadi kebiasaan tahunan, banyak masyarakat yang menyalakan petasan, terutama anak-anak, sesaat setelah sahur atau sebelum buka puasa. Seolah sudah menjadi hal yang "wajib" yang mesti dilakoni. Namun sepertinya "tradisi" menyalakan petasan sudah jarang terdengar lagi saat ini (terimakasih atas kesadarannya). Untuk Urusan yang satu ini, sebaiknya tidak untuk ditiru ya adik-adik. Selain membahayakan diri sendiri dan juga yang lainnya (korban sudah banyak berjatuhan tuh), itu artinya sama saja kamu melakukan hal yang sia-sia alias mubazir.

7. Masjid Menjadi Bertambah Ramai
Jamaah untuk menunaikan kewajiban sholat lima waktu bertambah banyak, terutama saat Subuh dan menjelang waktu Isya dan Tarawih. Yang biasanya jarang ke masjid, sekarang jadi rutin sholat lima waktu di Masjid. Seperti kita ketahui bersama, pahala sholat wajib (bagi pria baligh) di Masjid akan dilipat gandakan, apalagi dibulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan saja fenomena ini terus berlanjut diluar Ramadhan. *aamiin...*


8. Tilawah Al-Qur'an Dimasjid Lebih Sering Terdengar
Kalo di kampung-kampung, tilawah Al-Qur'an lebih sering terdengar bersahutan dari hampir seluruh Musholla maupun Masjid. Suasana Ramadhan pun bertambah syahdu dan khusyu, terutama menjelang waktu sahur dan berbuka. Tapi di kota besar seperti Jakarta sepertinya masih agak jarang, saya rasa karena kemajemukan penduduk kota Jakarta menjadi alasan utama.

9. Penjual Kue Kering Bermunculan
Jauh hari menjelang Lebaran, kue kering sudah mulai diproduksi baik secara rumahan maupun industri selama bulan Ramadhan. Kue kering macam nastar dan putri salju tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Harga-harganya pun relatif terjangkau. Bahkan tidak jarang pula dijadikan sebagai arisan. *kreatif ya mereka..*

10. Info Seputar Mudik
Berita masalah seputar mudik akan lebih sering muncul di layar televisi Anda, terutama mendekati hari raya Idul Fitri. Info ini sangatlah penting bagi calon pemudik yang membutuhkan info terupdate seputar situasi disekitar jalur yang akan dilaluinya. Bukan itu saja, melalui jejaring social pun dapat Anda temui info-info seputar mudik yang selalu up to date.

11. Suasana Sahur dan Buka Puasa
Suasana saat waktu sahur maupun berbuka puasa sangat "spesial" kita rasakan selama bulan Ramadhan. Saat waktu sahur terkadang "ditemani" suara tilawah dari speaker Masjid. Pun begitu waktu berbuka, suasana berbeda dapat kita rasakan, mulai dari ramainya jalan dipadati penjual tajil dan para pembeli yang hendak berbuka. Sungguh suatu atmosphere yang tidak bisa kita temui diluar Ramadhan. *indahnya nuansa Ramadhan ini..*


12. Artis Ramai-Ramai Berhijab
Entah hanya untuk menghormati bulan Ramadhan saja atau cuma sekedar ikut-ikutan tren berhijab, tapi yang jelas banyak artis yang berhijab selama Ramadhan, baik waktu syuting maupun di waktu kesehariannya. *mudah-mudahan hijabnya dipakai terus ya mba-mba artis..*


13. Aktivitas Pemakaman Mendadak Ramai 
Aktivitas di area pemakaman bertambah ramai oleh para peziarah selama bulan Ramadhan. Baik itu penjual bunga, petugas pembersih makam, maupun para peziarah berkumpul menjadi satu. Tapi nih yee, begitu Ramadhan selesai, pemakaman pun berubah menjadi wajah aslinya, alias SEPI PENGUNJUNG (kayak blog saya ini). Namun sebaiknya ziarah kubur dapat dilakukan kapanpun, nggak harus menunggu bulan Ramadhan, betul gak..


Dari semua hal diatas, tentu yang paling menjadi esensi bagi kita sebagai umat Muslim adalah meningkatkan segala amal ibadah dan menjauhi segala laranganNya demi mendapatkan gelar Taqwa seperti yang telah Allah Ta'ala janjikan.
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankannya.

Semoga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah Ta'ala. Aamiin..
Mudah-mudahan dapat bermanfaat ya sobat blogger..

2 comments

Ada yang baru bang, Kin Ramadhan ada ekstraknya. Eh bukan bukan. Ramadhan sekarang serba foto juga bang,.. Anak anak jaman kekinian kalau waktu buka makanannya pasti di foto. Ngabuburit perginya sama pacar -_-. Terus tarawihnya pakai laporan dulu ke khalayk umum :v

Reply

Iya update foto sama update status... Justru takutnya malah jadi riya..

Reply

Post a Comment