Wisata Religi Ke Masjid Kubah Emas


jalan, jalan, wisata, religi, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri

Blog Mas Hendra - Hari Minggu siang tanggal 08 Mei 2014, kami sekeluarga berencana untuk mengunjungi Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri di Depok. Lokasi tepatnya berada di jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. Karena sudah lama tinggal di Cirendeu, tapi belum pernah sekalipun berkunjung, cuma dengar dari cerita orang - orang. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga berkunjung kesana. Perjalanan dari Cirendeu menuju Limo, Depok tidaklah begitu jauh, hanya butuh waktu sekitar 30-an menit. Tapi akses ke Masjid Kubah Emas di jalan Meruyung, Limo sering terjadi kepadatan pada hari - hari tertentu, apalagi hari Minggu. Biasanya sih sering ada rombongan bus - bus pengajian dari luar kota yang bikin sempit jalan yang memang gak terlalu lebar ini sob. 

Kami menggunakan 2 motor. Saya berboncengan dengan istri dan anak saya, sedangkan motor yang lain, bapak saya berboncengan dengan ibu dan adik saya. Kami tiba di lokasi pukul 14.15. Motor kami parkir di samping Masjid. Bukan di dalam Masjid Kubah Emas. Karena para pengelola parkir menyarankan kami untuk memarkirkan motornya di situ. Saya tahu mereka adalah orang - orang yang tinggal di sekitar Masjid yang mengelola parkir motor. Yaa.. Meskipun gak resmi, tapi gak apa - apalah. Parkirnya juga aman dan dapat karcisnya pula. Bayarnya cuma Rp. 2.000 sepuasnya.

jalan, jalan, wisata, di, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Parkiran Motor Yang Sangat Sederhana

jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Tampak Hanya Beberapa Motor Saja Yang Parkir Disini

Kami gak sempat sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Kubah Emas ini, makanya kami menyempatkan sholat Dzuhur dulu di Musholla dekat parkiran motor. Lalu kami pun langsung bergegas masuk menuju masjid Kubah Emas yang luasnya mencapai 50 hektare ini. Pas sekali azan Ashar berkumandang. Saya, Bapak dan anak saya menuju tempat wudhu di bagian pria. Kalo mau taro sendal/sepatu, di tempat penitipan langsung ya sob, soalnya saya asal maen taro aja sendalnya, pas mau keluar cari sendal, gak tahunya sudah dirapihin sama pengelola Masjid. Maklum newbie di Masjid Kubah Emas ini. Hehehe... 
jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Pengumuman Tata Tertib Masuk Masjid Kubah Emas
jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Akses Tempat Wudhu Wanita

jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Salah Satu Sudut Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Bagian Dalam Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Sholat didalamnya terasa sangat sejuk. Karena terdapat AC yang dinginnya luar biasa. Suara sang imam pun terdengar begitu merdu tatkala membawakan sebuah doa setelah sholat. Biasanya pada saat pelaksanaan sholat Tarawih di bulan suci Ramadhan, sang Imam akan membaca 1 juz per malam. Jadi selama 30 hari sudah khatam Al-Qur'an. Subhanallah, seperti di Masjidil Haram ya sob. Sayapun belum pernah sholat Tarawih di Masjid Kubah Emas ini. Tak berapa lama, saya pun keluar dari dalam Masjid dan menunggu Ibu saya serta istri dan adik di pekarangan Masjid. Diwajibkan bagi wanita mengenakan hijab / jilbab kalo mau berkunjung ke Masjid Kubah Emas ini. 


jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Peraturan Larangan Merusak Tanaman dan Rumput di Masjid Kubah Emas

Tempat Penitipan Sandal/Sepatu Khusus Jamaah Wanita Bayar Seikhlasnya
jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Bergaya Di Samping Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri
Tampak Samping Masjid Kubah Emas / Pintu Masuk Jamaah Pria

jalan, jalan, wisata, masjid, kubah, emas, dian, al-mahri
Salah satu Penjaja Mainan Di Samping Masjid Kubah Emas
Sekarang waktunya pulang lagi setelah sholat Ashar dan jalan keliling Masjid. Lumayan luas dan bikin pegal kaki. But we were very happy to praying here. Oh iya hampir lupa, di sepanjang jalan menuju pintu masuk Masjid, tepatnya di samping parkiran motor, banyak dijajakan parfum, peci/kopiah, jilbab, tasbih, baju dan lainnya. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk orang - orang terdekat Anda. Saya rasa cukup sekian artikel jalan jalan ke Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri. Sampai jumpa pada artikel jalan - jalan lainnya sob.

1 comments:

Terima kasih atas kunjungan mas. Info di blog Anda juga sangat menarik. saya jadi banyak tau masalah parawisata.. Sukses slalu... :)

Reply

Post a Comment