Pengertian Metode Pembelajaran Inkuiri

Gambar : pakfajarmartha.blogspot.com

Pendekatan inkuiri atau penyelidikan, bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi intelektualnya dalam jalinan kegiatan untuk menemukan jawaban pembenaran. Artinya, siswa dituntut untuk aktif menarik kesimpulan yang kritis, logis dan sistematis.


Dengan pembelajaran menggunakan metode inkuiri, sangat membantu siswa untuk dapat memahami materi bahasan yang akan dijelaskan oleh guru. Agar materi mudah dipahami, guru terlebih dahulu memunculkan adanya suatu problematika terkait materi pelajaran.

Melalui metode inkuiri ini, siswa diajak langsung oleh guru untuk mempelajari materi pembelajaran sesuai informasi yang diperoleh siswa. Guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Strategi inkuiri dalam proses pembelajaran adalah strategi yang melibatkan siswa dalam tanya jawab hingga informasi dan melakukan penyelidikan langsung ke lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Siswa bertanggung jawab :
1. Memberi ide atau pemikiran dan pertanyaan untuk eksplorasi.
2. Mengajukan hipotesis untuk diuji.
3. Mengumpulkan dan mengorganisasi data yang dipakai. 
4. Menguji hipotesa dan sampai pada pengumpulan kesimpulan.


Beberapa tahapan yang harus ditempuh dalam menjalankan metode inkuiri :

1. Ada permasalahan
2. Mengumpulkan data
3. Mengidentifikasikan permasalahan
4.Mengorganisir dan formulasi pemecahan masalah
5. Kesimpulan

Sudah paham khan pengertian metode pembelajaran inkuiri?. Saya rasa metode ini sangat efektif, daripada sekedar teori, karena para siswa dihadapkan langsung kepada permasalahan, kemudian mengumpulkan data - data di lapangan secara langsung, para siswa mengindentifikasi masalah yang dihadapi dan para siswa dapat mengambil kesimpulan atas semua permasalahan yang dihadapi melalui proses - proses tersebut. 

Mudah - mudahan artikel mengenai pengertian pembelajaran metode inkuiri dapat bermanfaat untuk sobat semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

SUMBER : TVRI (tv edukasi)

Post a Comment