Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan


Wudhu merupakan syarat yang harus dilakukan sebelum seorang Muslim melaksanakan sholat. Tidak sah sholat seseorang tanpa berwudhu terlebih dahulu. 


Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhana Wa Ta'ala dalam surat Al-Maidah ayat 6, yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan Sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih), sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni'mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." 


Berwudhu dapat dilakukan dengan air dan debu (tayamum). Namun bahasan yang akan saya ulas pada artikel manfaat wudhu bagi kesehatan kali ini tentu saja berwudhu dengan menggunakan air.

Berbagai studi penelitian dari beragai belahan dunia telah mengumumkan begitu banyaknya manfaat dari wudhu, mulai dari mencuci kedua tangan hingga selesai mencuci kedua kaki. Secara logika, bila Anda perhatikan, orang-orang yang sering berwudhu, nampak memiliki kulit yang lebih bersih dan tidak kusam.

Berwudhu tidak harus dilakukan sebelum memulai sholat, namun alangkah baiknya bila wudhu dilakukan kapan saja, contohnya ; sebelum tidur pada malam hari. Sehingga kita selalu dalam keadaan suci dari hadats. Baiklah, mari kita lihat satu persatu apa saja manfaat dari wudhu bagi kesehatan kita.


1. Membasuh Kedua Telapak Tangan

Pada telapak tangan kita terdapat banyak serabut saraf, vena dan pembuluh limfe (getah bening). Dengan menggosokkan pada sela-sela jari kedua telapak tangan kita, dapat memperlancar aliran darah dan menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada permukaan kulit telapak tangan.


2. Berkumur-kumur

Berkumur secara rutin dapat membersihkan rongga mulut dan sela-sela gigi dari berbagai sisa makanan serta kuman, menyehatkan mulut dan dapat mengurangi bau mulut. Berkumur dengan cara menggerakkan otot wajah secara baik juga dapat menimbulkan perasaan jiwa yang tenang.


3. Membersihkan Hidung (Istinsyaq)

Istinsyaq adalah menghirup air kedalam lubang hidung lalu mengeluarkannya kembali. Dengan demikian, rongga hidung kita senantiasa bersih dari kotoran (debu dan kuman). Hidung merupakan tempat yang rentan bagi perkembangan bakteri dan mikroba. Seseorang yang selalu menjaga wudhunya lima kali sehari secara kontinyu memiliki hidung yang bersih sekaligus sehat dari udara kotor, bakteri dan kuman.


4. Membasuh Wajah

Menurut saya pribadi, wudhu merupakan "make-up" terbaik bagi wajah Anda. Dengan rutin mencuci wajah sebanyak lima kali sehari (atau lebih), akan membuat wajah menjadi lebih bersih, sehat dan tidak terlihat kusam. Mencuci wajah juga dapat menghilangkan bakteri dan debu yang menempel pada wajah dan menjadikan kulit pada wajah lebih halus serta wajah terlihat lebih fresh (segar).


5. Membasuh Kedua Lengan Sampai Siku

Area lengan pada manusia merupakan salah satu tempat ideal berkembangnya bakteri. Dengan rutin mencuci kedua lengan (sampai ujung siku) dapat menghilangkan debu yang menempel pada kulit, merontokkan mikroba, mengurangi keringat pada lengan dan menyegarkan kulit.


6. Mengusap Sebagian Kepala, Rambut dan Leher

Selain dapat menghilangkan kotoran yang menempel, pembersihan pada area-area tersebut terbukti dapat mengurangi sakit kepala dan hipertensi, akibat dari air yang dibasuhkan. Dan juga dapat menyegarkan kulit dan menyehatkan rambut.

7. Mengusap Kedua Daun Telinga

Telinga merupakan area terbuka yang rentan terkena debu dan kotoran. Dengan rutin membersihkan telinga Anda sehari lima kali, menjadikan telinga bebas dari kuman, kotoran akibat debu dan mikroba pada area telinga.


8. Membasuh Kedua Kaki

Pada saat Anda wudhu dengan sambil memijat bagian bawah telapak kaki, dapat melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Berwudhu juga dapat melemaskan otot-otot kaki yang tegang, menjadikannya lebih rileks serta dapat menghilangkan kotoran, kuman (penyebab bau kaki) dan kaki terbebas dari jamur.

Jadi manfaat secara umum yang kita rasakan dari wudhu adalah dapat membuat kulit kita tampak lebih sehat, bersih, segar dan sekaligus menghilangkan kotoran-kotoran (debu) pada pori-pori kulit.

Subhanallah.. Begitu indahnya Islam. Para ilmuwan barat telah menemukan dampak positif dari wudhu yang menyehatkan bagi tubuh manusia belakangan ini, padahal sejatinya praktik ini telah dilakukan oleh Rosululloh jauh sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang. Tiada yang sia-sia apa yang telah diajarkan oleh Rosululloh untuk umatnya.

Post a Comment