Jalan Jalan Ke Taman Mini Indonesia Indah

jalan, wisata, harga, tiket, taman, mini, indonesia, indah

Pada episode jalan - jalan kali ini tujuan berikutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah. Belum lama ini (Sabtu, 31 Mei 2014) seperti biasa saya mengajak anak dan istri untuk liburan, sekaligus hiburan buat anak saya. Sebelum masuk pintu gerbang, kami menikmati suguhan cendol komplit seharga Rp. 7.000 / gelas. Rasa haus hilang seketika. Untuk jam operasional, Taman Mini mulai buka pada pukul 07.00 - 22.00 setiap hari.



harga, tiket, karcis, masuk, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Tiket Masuk Gerbang TMII
Untuk harga tiket sangat terjangkau. Hanya Rp. 10.000 / orang dewasa. Untuk motor cukup Rp. 6.000 saja. Anehnya anak saya gak dihitung, padahal usia 3 tahun keatas sudah harus bayar penuh, ah mungkin bonus, pikir saya dalam hati. Jadi total harga tiket masuk yang harus saya bayar hanya Rp. 26.000. Enaknya ke Taman Mini adalah pengunjung bisa naik motor / mobil untuk berkeliling seluruh area TMII, jadi kami gak terlalu capek jalan kaki kesana kemari.

tiket, masuk, kereta, gantung
Loket Penjualan Tiket Kereta Gantung

harga, tiket, karcis, kereta, gantung
Penampakan Tiket Kereta Gantung
Tujuan pertama langsung ke kereta gantung. Anak saya baru kali pertama naik kereta gantung ini. Terlihat senang betul beliau. Motorpun saya parkir persis dibawah shelter kereta gantung. Kami langsung menuju loket kereta gantung. Harga tiket untuk naik kereta gantung sebesar Rp. 30.000 / orang. Untuk anak usia 1 tahun keatas bayar penuh. Jadi total yang harus kami bayar sebesar Rp. 90.000 untuk 3 orang. Dari atas kereta gantung terlihat jelas pemandangan Taman Mini.

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Miniatur Gedung Museum Penerangan

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Berita Tahun 1945

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Mading Jupen Dalam Operasional Penerangan

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Salah Satu Sudut Ruangan Museum Penerangan

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Bergaya Dulu Dengan Kamera Jadul Sob

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Kamera TVRI Jadul

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Mini Theater Ini Untuk Melihat
Pemutaran Dokumenter Seputar Informasi Broadcasting Indonesia

museum, penerangan, taman, mini, indonesia, indah
Tampak Bagian Luar Gedung Museum Penerangan
Selesai naik kereta gantung, kami iseng - iseng mencoba masuk museum penerangan sob, soalnya gratis, hehehe ... Di dalam museum tersebut nampak berjejeran tv jadul, seperangkat mesin percetakan jadul, camera jadul, foto - foto penyiar TVRI jadul dan masih banyak yang lainnya. pokoke jadul semua sob. Yah namanya juga museum, yang pasti isinya sejarah semua. Ruangannya cukup menarik. Terdapat keterangan disetiap foto dan alat - alat yang terdapat di dalam museum ini. Ruangannya juga dingin banget sob, bikin betah ngadem deh. parkir motorpun gratis.

harga, karcis, tiket, kereta, mini, taman, mini, indonesia, indah
Harga Tiket Kereta Mini

Loket, harga, tiket, kereta, mini, taman, mini, indonesia, indah
Tampak Depan Loket Kereta Mini

harga, tiket, karcis, kereta, mini, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Tiket Kereta Mini
Tujuan berikutnya naik kereta mini bawah. Harga tiketnya sangat terjangkau hanya Rp. 10.000 / orang. Untuk anak usia 1 tahun keatas harus bayar penuh. Kebetulan saat itu lagi sepi, jadi gak perlu ngantri lagi. Parkir motor cukup Rp. 2.000 saja sepuasnya.

Nah waktunya makan siang nih, si kecil sudah mulai lapar. Warung makan soto daging jadi incaran kami. Kelihatannya segar banget, siang - siang makan soto pedas ditambah air minum yang dingin, hmmm.. Rasanya maknyus deh. Di Taman Mini cukup banyak pilihan tempat makan sob, jadi gak terlalu pusing cari menu makanan yang sesuai dengan perut. Harganya pun bervariasi, namun tetap terjangkau. setelah makan, waktunya sholat dzuhur dulu. Biar tenang & adem hati dan pikiran.

Setelah makan dan sholat, kamipun langsung menuju museum transportasi. Harga tiket masuknya sangat murah cukup Rp . 2000 / orang. Kalo mau naik pesawat garuda imitasi, cukup menambah biaya tambahan Rp. 3000 / orang. Disana dapat ditemui bis tingkat jadul, bis Damri jadul, ada juga kereta lokomotif dan lain sebagainya. Bagi anak Anda yang berkeinginan untuk mencoba sepeda motor mini bertenaga listrik, Anda bisa mencobanya di museum ini. Kalo gak salah harganya sekitar Rp. 20.000 / 15 menit untuk satu orang. 

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Tiket Masuk Museum Transportasi
harga, tiket, museum, transportasi, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Loket Museum Transportasi

Detail Pesawat Garuda Imitasi di Museum Transportasi

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Duduk Di Pesawat Dulu Ah...

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Taksi Blue Bird Jadul di Museum Transportasi

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Bis Tingkat Si Jangkung Merah



jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penjelasan Detail Bus Tingkat Si Jangkung Merah

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Bus Damri Jadul
 
jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penjelasan Detail Bus Damri


Sudah puas di museum transportasi, kini beralih ke museum keprajuritan Indonesia. Letaknya gak jauh dari museum transportasi sob. Lokasinya masih satu deret. Harga tiket masuknya hanya Rp. 2.500 / orang. Saya waktu itu bayar Rp. 10.000 untuk 3 orang+parkir motor juga. Dari luar gedung museum nampak dua buah kapal laut. Setelah menengok ke salah satu kapal tersebut, eh ternyata isinya malah JUALAN BAJU sob. Kena tipu... Kamipun langsung masuk menuju gedung museum keprajuritan Indonesia. Pintu gerbangnya gede banget sob, mirip pintu benteng kerajaan. Isi museumnya dipenuhi dengan tampilan patung tokoh - tokoh prajurit kerajaan dari seluruh Indonesia lengkap dengan pakaian perangnya. Dan ada juga miniatur strategi perang dari masing - masing kerajaan. Ruangannya juga terasa adem dan agak spooky (menyeramkan) sedikit. Soalnya berjejer patung melulu dari ujung ke ujung yang lainnya.

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Pintu Masuk Museum Keprajuritan Indonesia

Diresmikan Oleh Presiden Soeharto

jalan, jalan, ke, taman, mini, indonesia, indah
Penampakan Tiket Masuk Museum Keprajuritan Indonesia

Dapat Sticker Dari Museum Keprajuritan Indonesia
Setelah capek berkeliling Taman Mini, sekarang waktunya pulang. Oh iya, tiket masuk gerbang TMII, jangan sampai hilang atau dibuang, soalnya waktu di pintu keluar, akan ada pemeriksaan ulang (khusus untuk tiket masuknya saja). 

Saya rasa cukup artikel jalan - jalan ke Taman Mini Indonesia Indah kali ini. Nanti lain waktu disambung lagi sob.

2 comments

masih bisa bawa motor kedalam ga sih mas buat muter muter disini

Reply

Boleh banget Mas. Kan motor juga bayar tiket masuk. Enak muter-muter naik motor di dalamnya. Bebas

Reply

Post a Comment