Fakta Menarik Dibalik Sunnah Nabi (part 2)

 

Apa kabarnya nih sobat blogger? Sebelumnya saya pernah membahas masalah ini di artikel Ada Fakta Menarik Dibalik Sunnah Nabi. Nah kalo artikel yang sekarang adalah lanjutannya sob, soalnya kalo kita lihat, banyak sekali sunnah - sunnah Nabi yang secara tidak langsung memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. 

Langsung saja saya akan bahas satu persatu alasan ilmiah serta fakta - fakta menarik dibalik sunnah - sunnah Nabi part 2 yang Insya Allah akan membawa dampak positif serta keberkahan hidup bagi orang - orang yang selalu istiqomah berusaha menjalankannya :


1. Anjuran Menutup Tempat Bejana, Tempat Makanan dan Minuman

blog mas hendra
Gambar : lintas.me
  • Hadits Rosululloh tentang menutup bejana, tempat makanan dan minuman :
"Tutuplah bejana, ikatlah geribah (tempat menyimpan air yang terbuat dari kulit), tutuplah pintu, matikanlah lentera (lampu), karena sesungguhnya setan tidak mampu mengurai geribah yang terikat, tidak dapat membuka pintu, dan tidak juga dapat menyingkap bejana (yang tertutup). Bila engkau tidak mendapatkan (tutup) kecuali hanya dengan melintangkan diatas bejananya sebatang ranting dan menyebut nama Allah, hendaknya ia lakukan." (HR. Muslim)

Pada riwayat yang lain :

"Tutuplah bejana dan ikatlah geribah, karena pada setiap tahun ada satu malam (hari) yang padanya turun wabah. Tidaklah wabah itu melalui bejana yang tidak tertutup, atau geribah yang tidak bertali, melainkan wabah itu akan masuk ke dalamnya." (HR. Muslim)
  • Alasan ilmiah dan manfaat menutup tempat bejana, tempat makanan dan tempat minuman :
1. Mencegah binatang melata atau binatang lainnya (cicak, tikus) dan serangga masuk ke dalamnya. Sedangkan ia tidak menyadarinya keberadaan binatang - binatang tersebut, atau ia memakan / meminumnya pada malam / pagi hari, maka akibatnya ia akan terganggu dengan binatang tersebut.

2. Dengan menyebut nama Allah (bismillah), akan memperoleh keselamatan dari gangguan setan. Karena setan tidak dapat membuka bejana, tempat makanan maupun tempat minuman.

3. Menjaganya dari terkena kotoran dan najis.

4. Menjaganya dari suatu wabah yang turun pada satu malam di setiap tahun.


2. Anjuran Memelihara Jenggot dan Memangkas Kumis (bagi pria)


blog mas hendra
Gambar : attaqwapik.com
Seperti dikutip dari detikHealth, (Jum'at, 11 Januari 2013) :

Mantan ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Prijo Sidhipratomo menuturkan : "Memang kalau kamis yang terlalu panjang dan tak terawat rentan ditumbuhi bakteri dan kuman. Saya sendiri selalu menjaga agar kumis tidak melebihi batas mulut. tujuannya biar kumis tidak mengganggu makan. kumis kan letaknya paling dekat dengan mulut, makanan yang menempel disitu bisa menjadi sumber penyakit."

Seorang pria yang memelihara kumis, namun dibiarkan tak terawat justru akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman, sebaiknya orang yang memeliharanya agar lebih rajin untuk mencuci wajah.

Lalu bagaimana halnya dengan jenggot. Memelihara jenggot jauh lebih utama daripada memelihara kumis. Perhatikan hadits berikut :
  • Hadits Rosululloh tentang memelihara jenggot dan memangkas kumis :
Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu mengatakan : "Sesungguhnya Rosululloh Shalallahu 'alaihi wasallam memerintahkan untuk memangkas tipis kumis dan membiarkan jenggot panjang". (HR. Muslim : 259)
  • Alasan ilmiah dan manfaat memelihara jenggot dan memangkas kumis (bagi pria) :
1. Jenggot yang lebat dapat memberikan perlindungan terhadap radiasi sinar matahari sebesar 90 - 95 persen, tergantung tingkat kelebatan jenggot. Seperti disebutkan bahwa tim dari Universitas Southern Queensland, Australia, melakukan sebuah penelitian perihal pria dengan berjenggot dan berkumis cenderung terpapar radiasi sinar matahari (ultraviolet) sepertiga lebih sedikit dibanding pria dengan wajah bersih (tanpa jenggot dan kumis).

2. Jenggot yang tumbuh di sekitar leher dan dagu, dapat mencegah seseorang terkena serangan flu, karena temperatur di sekitar leher cenderung lebih hangat. 

3. Jenggot yang tumbuh lebat dan keriting dapat memecah sinar radiasi ultraviolet. Seperti halnya rambut kita melindungi sinar ultraviolet terhadap kulit kepala.


3. Anjuran Untuk Membersihkan Tempat Tidur Sebelum Beranjak Tidur 

blog mas hendra
  • Hadits Rosululloh tentang membersihkan tempat tidur sebelum beranjak tidur :
Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu : Rosululloh shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Apabila salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya, hendaklah ia kibas - kibas tempat tidurnya itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Alasan ilmiah dan manfaat membersihkan tempat tidur sebelum beranjak tidur :
Tempat tidur yang jarang dibersihkan dan tidak terawat sangat rentan terhadap bakteri/kuman dan kutu (yang sangat kecil) yang bernama Tungau Debu (Dust Mite). Tungau debu dapat bertahan hidup dengan memakan sel - sel mati yang dihasilkan dari tubuh manusia. Tungau debu hidup di sela - sela kasur, sofa, bantal maupun selimut. Untuk menghindari dari serangan tungau ini, sebaiknya rajinlah untuk sering menjemur kasur, sofa maupun bantal Anda dibawah sinar matahari. Karena tungau tersebut sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Para ilmuwan mengungkapkan, setiap orang ketika tidur diatas kasur, terdapat sel - sel (yang hanya bisa dilihat menggunakan Mikroskop) yang telah mati yang terdapat di tubuh seseorang. Kemudian sel - sel tersebut tertinggal di kasur. Dan bila orang tersebut kembali tidur, maka akan berjatuhan lagi sel - sel  dan beroksidasi lalu akan masuk ke dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit, seperti gangguan pada saluran pernafasan (asma) dan alergi.
Ada satu cara yang sangat sederhana yang ampuh untuk mengusir keberadaan tungau tersebut. Sesuai dengan yang disebutkan dalam hadits diatas, yakni dengan cara mengibaskan sebanyak tiga kali pada kasur, sofa maupun bantal dengan sarung atau sejenisnya. Namun hal ini masih banyak yang belum mengetahuinya dan diabaikan oleh banyak orang. 
4. Anjuran Mengunyah Makanan Secara Perlahan dan Makan Tidak Berlebihan

blog mas hendra
Gambar : hadila.com
  • Hadits Rosululloh tentang mengunyah makanan secara perlahan dan makan tidak berlebihan :
Rosululloh shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafas." (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Rosululloh shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Janganlah sekali - kali makan dan minum terlalu kenyang karena sesungguhnya hal tersebut dapat merusak tubuh dan dapat menyebabkan malas mengerjakan sholat dan sederhanalah kalian dalam kedua hal tersebut, karena sesungguhnya hal ini lebih baik bagi tubuh, dan dapat menjauhkan diri dari sifat israf (berlebihan)." (HR. Bukhari)

  • Alasan ilmiah dan manfaat mengunyah (sekitar 30-33 x kunyahan) makanan secara perlahan dan makan tidak berlebihan :
1. Membantu menurunkan berat badan
Makanan yang dikunyah dalam waktu lama, akan membuat otak bereaksi cepat dalam menangkap rasa kenyang. Sehingga akan mengurangi porsi makan kita.

2. Membantu kinerja sistem pencernaan
Karena tubuh manusia tidak dapat langsung mengolah makanan secara cepat. Maka dengan mengunyah secara perlahan, akan membantu tubuh dalam mengolah makanan.

3. Membuat perut tidak cepat kembung
Makanan yang benar - benar terurai secara merata menyebabkan lambung akan lebih mudah dalam mencerna dan mengambil zat - zat yang berguna bagi tubuh.

4. Produksi air liur bertambah
Air liur berguna untuk membantu melembutkan makanan dan juga mengubah tekstur makanan. Air liur akan bertambah banyak saat kita mengunyah makanan lebih lama. Vitamin dan nutrisi dari makanan yang diserap air liur akan memecah partikel makanan lebih mudah dan dapat menaikkan energi tubuh.

5. Menjaga kebersihan mulut
Air liur akan membantu melawan plak dan bau mulut saat kita mengunyah makanan secara perlahan. Hidrogen karbonat dalam air liur dapat menetralkan pembentukan plak. Air liur juga membantu menyapu partikel makanan disekitar gigi dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

6. Meningkatkan kenikmatan saat makan
Rasa nikmat ketika kita menyantap makanan akan lebih terasa selama kita mengunyah makanan dengan baik.


5. Anjuran Mematikan Lampu Ketika Tidur Malam Hari

blog mas hendra
Gambar : takkalasi.com
  • Hadits Rosululloh  tentang anjuran mematikan lampu ketika tidur malam hari :
Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu dia berkata : Rosululloh shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Tutuplah tempat air kalian dan matikanlah lampu - lampu kalian, karena bisa jadi tikus akan menarik sumbu lampu sehingga mengakibatkan kebakaran yang menimpa para penghuni rumah." (HR. Bukhari)
  • Alasan ilmiah dan manfaat mematikan lampu ketika tidur di malam hari :
1. Tidur dengan lampu menyala akan mempengaruhi proses biologis seseorang.

2. Membantu meningkatkan hormon melatonin, yakni hormon yang membantu mengatur bioritme tidur kita dan merupakan hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

3. Membantu membentuk sistem kekebalan tubuh, karena badan kita akan terasa lebih rileks pada saat tidur dalam keadaan lampu mati. Sistem imun akan terbentuk optimal saat kita tidur rileks dalam cahaya yang gelap.


6. Anjuran Berkumur Setelah Minum Susu

blog mas hendra
Gambar : jambanpanyileukan.blogspot.com
  • Hadits Rosululloh tentang anjuran berkumur setelah minum susu :
Dari Ibnu Abbas berkata : Nabi shallallahu 'alaihi wasallam minum susu, lalu beliau minta diambilkan air seraya berkumur dengan air tersebut, setelah itu beliau bersabda :"Sesungguhnya pada susu itu ada lemaknya." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Alasan ilmiah dan manfaat berkumur setelah minum susu :
Berkumur setelah minum susu sangat baik bagi kebersihan gigi dan mulut. Dengan berkumur setelah meminum susu dapat menghilangkan zat kapur dan protein yang dihasilkan oleh susu. Maka berkumur adalah solusi terbaik.

1. Di dalam susu terdapat kandungan zat kapur (Ca) yang cukup tinggi. Timbunan zat ini dapat menyebabkan pembentukan karang gigi yang dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah dan terjadi infeksi. 

2. Protein yang dihasilkan dari susu, dapat mengakibatkan penimbunan bakteri pada rongga mulut dan celah gigi.


7. Larangan Keseringan Begadang Yang Tidak Bermanfaat 


blog mas hendra
Gambar : lintas.me
  • Hadits Rosululloh tentang begadang (yang dianjurkan menurut Islam) :
Rosululloh shalallahu 'alaihi wasallam bersabda : Tidak ada begadang kecuali bagi seorang yang melakukan shalat atau menempuh perjalanan (HR. Ahmad dari Ibnu Mas’ud)
  • Alasan ilmah akibat begadang dan kurang tidur :
Malam merupakan waktu yang telah disediakan oleh Allah Ta'ala kepada manusia untuk berisitirahat / tidur, maka gunakanlah waktu malam dengan sebaiknya. 

1. Pada waktu malam tersebut, organ tubuh manusia seperti liver, melakukan proses pembersihan (detoksifikasi) antara pukul 23.00-01.00 dan juga empedu antara pukul 01.00-03.00.

2. Dapat menurunkan tingkat libido dorongan untuk melakukan hubungan seksual (bagi suami istri). Hal ini dikarenakan energi yang terkuras, tensi yang meningkat dan mengantuk.

3. Kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja kerja otak. Yang dapat menghambat regenerasi sel pada otak orang dewasa. Sering kita dengar seseorang yang banyak begadang atau kurang tidur mengalami serangan syaraf yang mengakibatkan pada kematian.

4. Begadang dapat meningkatkan hormon stress.

5. Menurunkan tingkat konsentrasi serta kewaspadaan dan juga penalaran. Hal ini berpengaruh pada tingkat kesulitan untuk menangkap pelajaran (pada siswa). 

6. Menurunkan kinerja memori dalam otak, sehingga para pelaku begadang sering mengalami lupa.

7. Kurang tidur akan membuat kemampuan motorik akan melambat dan kurang gesit. Yang berakibat sering gugup, ceroboh maupun sering menumpahkan sesuatu. Hal ini disebabkan tingkat refleks kita berkurang dan otak yang kurang fokus.

8. Kecelakaan sering terjadi pada orang - orang yang kurang tidur. Karena mengantuk dan kurangnya tingkat konsentrasi saat mengemudi. Sudah banyak kejadian kecelakaan yang berakibat pada kematian, akibat kurang tidur / kelelahan.

9. Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Sebuah studi penelitian dari Universitas Pennsylvania pada tahun 1997 melaporkan orang - orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari, menyebabkan depresi, mudah marah, gelisah dan kelelahan mental.


8. Anjuran Berwudhu Sebelum Tidur

blog mas hendra
Gambar : theislamiccenter.com
  • Hadits Rosululloh tentang berwudhu sebelum tidur :
Rosululloh shalallahu 'alaihi wasallam bersabda :"Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu'), maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hambamu si Fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'." (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhu) 
  • Alasan ilmiah dan manfaat berwudhu sebelum tidur :
1. Wudhu dapat menghilangkan noda maupun kotoran yang menempel pada kulit kita. 

2. Berwudhu' sebelum tidur dapat membuat otot menjadi lebih rileks setelah seharian lelah dalam beraktivitas.

3. Dapat mencerahkan kulit wajah. 

Subhanallah. Semoga kita sebagai umat Muslim senantiasa selalu dapat mengamalkan sunnah - sunnah Rosululloh dalam kehidupan kita sehari - hari. Cukup sekian saja artikel tentang fakta menarik dibalik sunnah Nabi ini sob. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment