Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

http://hendrasuhendra176.blogspot.com

Sudah ada yang pernah donor darah belum?. Bagi yang belum pernah, tidak ada salahnya mencoba. Karena selain menyehatkan badan, ternyata donor darah juga dapat membantu sesama loh.


Saya pernah mencobanya belum lama ini (ada even dari tempat kerja), setelah selesai donor, ternyata tidak seseram yang saya bayangkan sebelumnya (sakitnya jarum suntik, rasa lemas kalau habis donor dan perasaan kekurangan darah). Tapi semuanya sirna kalau ingat betapa berharganya sekantung darah yang saya sumbangkan (daripada tiap malam disumbangin ke nyamuk terus).

Sebelumnya saya beranggapan kalau pendonor itu harus bertubuh gemuk/gempal, ternyata persepsi saya keliru, sebab orang yang kurus pun (seperti saya, hehehe) bisa jadi pendonor. Yang penting kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat dan tekanan darah dalam keadaan normal (120/80 mmHg).  

Baca juga artikel menarik lainnya : Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Bayi

Bagi yang baru pertama kali donor, akan dikasih semacam "buku saku". Jadi bukunya itu harus di bawa setiap kali mau donor.

Oh iya, sekantung darah itu isinya cuma berkisar 350 ml, tenang saja tidak bakalan kehabisan darah kok, karena jumlah darah yang ada pada tubuh kita itu  sekitar 70ml per kg berat badan atau orang dewasa yang memiliki berat 70 kg, artinya memiliki darah sekitar 5 liter.

Setelah selesai donor darah biasanya dikasih "cemilan", berupa telur rebus, mie instan, susu atau bubur kacang ijo.

http://hendrasuhendra176.blogspot.com

Nah sebelum kita bahas lebih jauh apa manfaat donor darah bagi kesehatan, berdasar pengalaman saya kemarin ada juga beberapa persyaratan bagi si pendonor, diantaranya :
1. Kondisi badan dalam keadaan sehat. 
2. Tekanan darah harus normal 120/80 mmHg.
3. Sebelumnya harus sudah tidur minimal 6 jam.
4. Tidak mengalami operasi dalam waktu 6 bulan.
5. Yang jelas tidak sakit hepatitis atau terjangkit HIV.

http://hendrasuhendra176.blogspot.com


Berikut beberapa manfaat donor darah, diantaranya:

1. Menyehatkan badan.
2. Dapat membantu mendeteksi kondisi kesehatan tubuh secara berkala. Karena sebelum donor, kondisi badan kita akan di cek dan sampel darah kita juga akan di cek apakah layak atau tidak (tidak positif hepatitis atau HIV).
3. Meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal.
4. Meningkatkan produksi sel darah merah.
5. Membantu penurunan berat badan.
6. Menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh.
7. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
8. Menurunkan resiko terkena serangan stroke.

Nah itu tadi artikel yang dapat saya tulis berdasar pengalaman saya menjadi pendonor (untuk yang pertama kalinya). Ternyata setetes darah kita dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang membutuhkan. Bagaimana guys, apakah tertarik untuk jadi pendonor??

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon